Tuesday 21 October 2008

berbicara bahasa...


“Assalamu’alaikum, tadaima...” ucap saya ketika pulang dari Gramedia di Mall Metropolitan, Bekasi.


“Wa’alaikumsalam, okaerinasai...” jawab ibu Aryati sambil tersenyum.


Kata-kata di atas adalah kata pertama praktek Nihongo Kaiwa (percakapan bahasa Jepang) saya, saat berada di Bekasi dulu.


Ibu Aryati adalah yang berjasa melatih saya dan meminjamkan buku-bukunya untuk saya pelajari. Beliau bekerja di Rumah Sakit Persahabatan, Rawamangun.
Perkenalan dengan Ibu Aryati karena saya pernah ikut beliau di Jakarta hingga pindah ke Bekasi (suaminya adalah saudara dari ibu angkat saya). Dan beliau (Ibu Aryati) pernah menempuh pendidikan perawat di Jepang selama 2 tahun.


Sedang saya belajar sendiri ketika waktu luang, dengan mencatat dan membaca sampai membeli buku-buku latihan. Huruf-huruf Katakan dan Hiragana juga dilatih oleh ayah saya dulu, karena beliau pernah hidup di jaman Jepang (1945-1948) jadi paham bahasa ini. Tapi setelah ayah meninggal, saya melanjutkan belajar sendiri dari buku ayah...

 

Hmm... sebenarnya bukan karena apa saya suka dengan Jepang dan berbagai atributnya termasuk bahasa, melainkan sebenarnya saya dulu suka sekali pelajaran sejarah, geografi... kayaknya asyik mempelajari beragam budaya...


Subhanallah... saya senang sekali bisa terus belajar, tentu bukan dengan bahasa Jepang saja.


Setelah dari Jakarta, saya ikut kakak di Bali sebentar dan baru berangkat ke Balikpapan (tempat tinggal hingga sekarang...). Ke kota Balikpapan juga perantauan terjauh yang saya tempuh, itupun naik kapal bukan pesawat. Jadi saya belum pernah ngerasain naik pesawat... he... apa hubungannya, ya...? peace...


Sebenarnya saya ingin sekali kursus dengan baik, waktu itu pernah mendaftar di salah satu lembaga pendidikan... tapi karena tak ada siswa, jadi dianjurkan kursus privat.
Karena biaya jadi lebih mahal dan saya belum bekerja, akhirnya saya batal kursus.


Tapi jika ada kesempatan, saya ingin sekali kursus... ‘kan lumayan bisa buat ngajar privat juga selain bahasa Inggris yang masih belajar dan praktek di sana dengan
mengajar tadi... atau juga untuk ke Jepang, wee... maunya sih... biar ketemu ama mbak Lizsa sekalian praktek...


Mbak Lizsa, apa kemarin ikut Silnas FLP di Jakarta juga...?

 

Praktek lain juga saya pelajari dari menonton film, semisal Stuart (itupun jika tak dialih bahasakan)... dan yang lain (tentunya yang baik, insyaAllah)...


Boleh ‘kan punya cita-cita dulu...


Setidaknya terus berusaha untuk belajar...


Biar belajar dan usaha keras dan Allah mengijinkan, Alhamdulillah... :)


Jika Allah tak ijinkan, tentu juga tak mengapa, Alhamdulillah...


Ada banyak kegunaannya...


Always semangat belajar...


Tapi sebelum ke Jepang, pinginnya ke Tanah Suci dulu, ya? Menabung seribu sehari, hehe... kapan nyampenya...?


Ya, sambil terus do’a dan usaha... amiin...


Bahasa Arab... apa yah...?


Hanya paham... akhi, ukhti, ilal liqo’... sedikit yang lain...


Waah... pokoke masih sangat sedikit... ama siapa yah belajarnya?


Moga-moga ada yang mo berbagi di blog-nya, he... peace...


‘Kan nggak pa-pa bagi-bagi ilmu...


Jadi makin semangat kalau bisa belajar banyak...


Nah kawan, bagi-bagi, yah... :)


Sedang bahasa Inggris... kalo di kantor sangat jarang sekali digunakan dalam ucapan, meski saya sering bertemu ekspatriat di dalam kantor... justru saya lebih
banyak praktek di administrasi dan surat-menyurat, kalo begini kapan praktek ucapan...?


Bahkan ada teman yang lulusan S1 pun juga tak paham banyak bahasa ini, malah sering bertanya ke saya...


Alhamdulillah...


Saya bisa praktekkan ini dengan mengajar privat meski harus dengan banyak lagi membaca buku-buku kursus saya dulu.


Pernah pengalaman... saat mengajar, saya disodori kata yang saya belum tahu artinya.
Untuk taktiknya, saya jadikan itu PR bersama murid, hehe... jadi akhirnya saya pun jadi getol lagi buka kamus...


Tapi saya juga cinta dengan bahasa asli saya, yaitu Jawa... karena saya lahir dan besar di sana, belajar tulisan hingga bahasa Kromo Inggil-nya bersama teman-teman di kelas (karena kalau di Jawa, bahasa Jawa adalah bahasa yang wajib dipelajari di sekolah dari tingkat dasar sampai tingkat atas)...


Jadi ingat Pak Put yang menggembleng saya supaya hapal tulisan Jawa sampai dengan semua pasangannya... akhirnya saya pun bisa... duh, matur nuwun ya, Pak Put...


Bahasa Indonesia... alhamdulillah, sejak SD saya selalu juga dapat nilai tinggi dalam pelajaran ini... tanpa belajar banyak tentang sastra dan bahasa Indonesia, tentu saya tak bisa banyak menulis seperti sekarang... penggunaan titik dan koma, anonim – sinonim, majas-majas, dan lainnya...


Wah, semua guru, pelajaran dan yang lainnya, sangat saya rindukan, betapa saya ingin menjadi yang terbaik untuk bapak dan ibu semuanya...


Meski ada yang galak dan kadang suka bolos ngajar, namun semua guruku is the best...


Karena selalu menyemangati saya untuk berprestasi di segala bidang... hatur nuwun...


Ishi no aru tokoro hoho ari... di mana ada kemauan di situ ada jalan.


Meski ada yang telah lupa, tapi tetap semangat untuk terus belajar lagi... belajar... dan belajar...


Zen wa isoge koki o issuruna... bertindaklah selama peluang masih terbuka...


Yup...!
ganbatte...!


13.48

12 Syawal 1429 H / 12 Oktober 2008 M


3 comments:

Ummu Thoriq Andalusia said...

ya ampyuuuuunnnn ukhti..
pertanyaan ini kan gampang bgt jawabannya: Cari Suami yg bisa bahaa arab.. kali-kali aja abis itu bisa sekalian naik pesawat.. ^__^

*kabuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrr...

aisyah dian said...

kayaknya ..setuju ma bu yana dech..;)

Likah - Syafa Azizah said...

@klikazzahra : ukhtiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.... mulai deh, ini sungguhan lho... soale teringat sejarah saat orang Belanda bisa bahasa Arab en jadi spionase di Aceh di waktu silam... hmmm, sungguh kegunaan bahasa ini penting untuk aktivitas kita baik secara sosial, apalagi dakwah... setuju, yach... :) maksa, hehe...
@ erryanti : ya deh, setuju juga, hehe, peace... wallahu'alam bisshawab...