Saturday 25 February 2012

ayam/ikan bakar ala saya... ^_^




Resep yang serba bakar ala saya... ^^

Bahan :
Ayam 1/2 ekor atau Ikan apa saja 1/2 kg
Bahan-bahan lalapan (Timun, Daun Kemangi, dll)

Bumbu :
Kecap 10 sdm
Minyak goreng 5 sdm
Jeruk nipis 1 buah

Sambal :
Tomat ukuran sedang 2 buah
Garam 1 sdt
Gula Pasir 2 sdm
Cabai Kecil 10 buah
Bawang Merah 1 siung kecil
Jeruk sambal ukuran kecil 1 buah

Cara memasak :
Ayam atau ikan dilumuri bumbu (kecap, minyak goreng, jeruk nipis) hingga merata setelah dibersihkan.
Diamkan selama 1 jam atau lebih agar bumbu meresap.
Kemudian bakar hingga matang.

Tips agar sehat, jangan membakar dengan arang. Saya biasa memakai teflon yang diberi penopang dari aluminium yang diletakkan di atas kompor. Bisa juga dipanggang di oven.

Selanjutnya bahan-bahan sambal diuleg hingga halus kecuali jeruk. Setelah itu beri perasan jeruk nipis.

Masakan siap disantap. Sajikan hangat dengan lalapan dan sambal.

3 comments:

kaostasfoto mycandythemes said...

Wah mbak kerenn mba
Masa bisa mba, manggang pakai teflon ? Oven hasilnya kayak yg di foto mba? Aq ko gagal trs pakai alat micwv grill ga memuaskan mba panggangannya, yg ini manggangnya pakai apa mba, ajarin dong :)

Likah - Syafa Azizah said...

saya manggangnya di atas kompor, ada alas segiempat aluminium gitu, baru kasih teflon tipis (karena terbatas saya pake teflon yg untuk pizza). klo dioven tergantung ovennya mungkin, krn bisa juga berbeda hasilnya... ^^

Likah - Syafa Azizah said...

klo di sini saya lebih mengutamakan rasanya yg asem manis gitu ^^ klo hasil bakaran kadang klo saya tinggal utk ngerjain kerjaan lain juga bisa gosong, hehehe... selamat mencoba, ya... ^^