Thursday 1 March 2012

(Part 1) Seputar dunia kehamilan... Mitos dan fakta seputar kehamilan...

Ummi Spesial, Juni 2008

Banyak calon ibu yang bingung lantaran banyaknya anjuran atau larangan untuk ibu hamil yang tak jelas benar salahnya. Mitos atau fakta, ya?

Bagi ibu-ibu hamil banyak pantangan, anjuran atau sekadar prediksi kadang bikin penasaran, benar nggak ya? Untuk membuktikan benar tidaknya mitos yang beredar di masyarakat, dr. Oni Khonsa, SpOG, dari Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, memberikan penjelasan ilmiahnya.

·         Ibu hamil jangan minum es, nanti bayinya jadi besar.

Fakta : Minum air es sebenarnya tidak bermasalah. Yang menimbulkan masalah kalau ibu hamil banyak minum es doger, es campur, es teller yang serba mengandung gula. Jika ibu hamil sering minum es yang banyak mengandung gula bisa jadi bayinya akan besar karena kalori yang dimakan ibu lebih banyak.

 ·         Minum susu kehamilan menyebabkan bayi besar.

Fakta : Jika peningkatan berat badan ibu berlebihan dokter mungkin akan menyarankan susunya untuk dikurangi. Tapi itu insidentil, tidak berarti kalau minum susu hamil bayinya pasti jadi besar. Banyak factor yang menyebabkan bayi itu besar. Kalau berat badan ibu tergolong kurus, maka dokter akan menyarankan agar ibu hamil untuk minum susu lebih banyak. Hal ini mungkin berbeda dengan calon ibu yang sudah mengalami obesitas. Tapi percayalah, peningkatan berat badan bayi tidak semata-mata karena susu. Asupan makanan dan jumlah kalori yang banyak, factor ibu hamil yang mengalami diabetes, karakteristik si ibu yang tinggi besar dan lain-lain mempengaruhi besar tidaknya bayi. Tapi, sebaiknya ibu hamil tetap mengonsumsi susu untuk ibu hamil. Jika eneg boleh diganti dengan susu lain, kecuali susu kental manis.

·         Kalau bentuk perut ibu hamil memanjang berarti bayinya perempuan, kalau melebar ke samping berarti laki-laki.

Fakta : Tidak benar. Dokter kandungan kadang memang bisa memperkirakan jenis kelamin janin dari luar berdasarkan hormon-hormon kehamilan. Misalnya ibu yang mukanya lebih hitam, lebih jerawatan dan keringatnya berlebih mungkin saja anaknya laki-laki karena memperlihatkan hormone androgennya yang lebih dominan. Tapi bukan berarti penilaian lewat hormone sudah pasti benar. Terbukti benar tidaknya lewa USG. USG saja bisa jadi salah apalagi hanya penampakan luar saja.

·         Jika puting menjadi gelap, berarti anak yang dikandung laki-laki.

Fakta : Salah. Sebab putting menjadi gelap adalah ciri khas orang hamil. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan. Aerola atau bagian di sekitar putting akan melebar, bintik-bintik di sekitar putting juga akan lebih menonjol. Hormon yang muncul selama kehamilan mempersiapkan sang ibu untuk menyusui.

·         Makan kacang hijau, rambut bayi akan lebat.

Fakta : Salah. Kacang hijau memang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung serat tinggi dan vitamin B1, B6 dan B12. Namun factor rambut bayi tidak tergantung dari asupan kacang hijau. Selain factor keturunan, jika gizi janin tercukupi rambut bisa bagus.

·         Minum air kelapa, kulit bayi bisa putih.

Fakta : Tidak ada hubungannya antara minum air kelapa dengan kulit bayi yang putih. Belum ada penelitian yang membuktikan hal itu. Sebab, ada orang yang tidak minum air kelapa tapi bayinya tetap putih. Tapi air kelapa tetap boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

·         Minum minyak kelapa agar gampang melahirkan.

Fakta : Salah. Minyak kelapa jika diminum akan masuk ke saluran cerna. Lemak nabati ibu saja yang bertambah. Jika pada proses persalinan jalan lahir diberi jeli atau minyak kelapa mungkin itu masuk akal. Yang mempengaruhi lancar atau tidaknya kelahiran itu ukuran panggul, berat bayi dan pecah atau belumnya ketuban. Bagi ibu hamil yang tetap ingin mengonsumsi semacam Virgin Coconut Oil (VCO) tidak dilarang, tapi jangan berharap bahwa lahirnya bayi pasti akan lancar dan cepat.

·         Minum rumput Fatimah memudahkan ibu melahirkan.

Fakta : Harus hati-hati memberikan rumput Fatimah pada ibu hamil karena punya efek merangsang kontraksi rahim yang sangat kuat. Ada yang minum satu teguk saja bisa mulas luar biasa. Ada yang minum sebotol baru mulas. Jika itu diminum oleh ibu hamil yang pembukaan jalan lahirnya masih kecil, atau ibu yang baru melahirkan anak pertama dan mulut rahimnya masih kaku, akan menimbulkan kontraksi yang hebat di dalam rahim. Padahal jalan lahir belum terbuka, sehingga bisa jadi robek jalan lahirnya. Akibatnya bisa fatal dan berbahaya buat bayi. Ibu hamil sebaiknya mengkonfirmasikan pada dokter kandungannya masing-masing jika hendak minum rumput Fatimah.

 ·         Makan sambal, bayi bisa botak.

Fakta : Tidak ada hubungan antara makan sambal dengan bayi yang botak. Hanya saja sebaiknya ibu hamil menghindari makanan yang bisa membuat dia sakit. Misalnya sambal yang bisa jadi pencetus diare. Jika sedikit untuk menambah nafsu makan tidak apa-apa.

·         Kalau garuk-garuk perut akan timbul strechtmark.

Fakta : Strechtmark tetap aka nada walaupun ibu hamil mau menggaruk perut atau tidak. Pada orang yang berkarakteristik tertentu, strechtmark ini memang tidak muncul. Yang penting strechtmark ini jangan digaruk sebab akan membuat infeksi kulit. Memakai produk atau lotion bisa jadi usaha untuk mengurangi timbulnya strechtmark walaupun hal ini tidak bisa jadi jaminan karena kadar hormone orang hamil berbeda-beda.

·         Kalau sedang hamil jangan menyusui.

Fakta : Boleh-boleh saja ibu hamil menyusui. Hanya saja ketika menyusui akan merangsang pengeluaran hormon oksitosin yang dapat menimbulkan kontraksi rahim. Jika timbul kontraksi pada rahim sebaiknya anak harus segera disapih. Apalagi bila dikhawatirkan perkembangan janin di rahim agak terhambat karena nutrisinya kurang akibat menyusui.

·         Ibu hamil tidak boleh makan nanas, durian dan daging kambing.

Fakta : Sebenarnya jika hanya makan satu butir durian atau sepotong nanas tidak masalah. Yang penting ibu hamil tidak alergi dengan makanan tersebut. Nanas sendiri sebenarnya merangsang ibu hamil untuk mual karena sifatnya yang masam. Sedangkan untuk ibu hamil yang mengalami hipertensi memang diharuskan menghindari makanan seperti daging kambing dan durian dengan alasan kesehatan. Ibu hamil juga lebih baik menghindari makanan yang mengandung MSG, pengawet, zat pewarna, junk food dan lain-lain. Kol dan nangka pun – yang bisa menghasilkan gas dalam perut – sebaiknya dihindari ibu hamil sebab pada ibu hamil gerakan lambung melambat dan membentuk gas sehingga perut terasa kembung.

·         Ibu hamil jangan minum soda.

Fakta : Sebenarnya soda sendiri meningkatkan kadar asam lambung. Jika ibu hamil minum soda, maka rasa mual akan bertambah parah.

No comments: